Ketika kamu pergi kemanapun, pastinya ingin ngopi berkualitas. Ngopi berkualitas bisa saja subyektif. Contohnya, saat saya pergi ke Dieng, Wonosobo Banjarnegara yang dinginnya bukan main, segelas kopi sasetan mungkin sudah lebih dari cukup. Namun, kalau bisa ngopi yang berkualitas dimana saja, kenapa tidak?

Tentu ada banyak cara untuk ngopi yang berkualitas. Mulai dari yang ribet sampai yang simpel. Caranya pun tergantung skill dan pengetahuanmu tentang per-kopi-an.

Membawa Grinder dan Tentu Saja Biji Kopi Betulan

Inilah cara dengan keribetan paling tinggi. Kamu wajib tahu cara dan rasa gilingan dari biji kopi yang diolah. Kalau Grindernya elektrik sih, ribetnya paling cuma berat dan listrik saja. Tapi ya kali bawa grinder elektrik. Lha kalau manual grinder. Kamu wajib tahu cara penggunaannya. Jangan asal muter tuas aja. Sebagai pecinta #ngopidemiinstastory, hal tersebut adalah proses belajar yang panjang (sekali).

Biji Kopi Sudah Oke, Cukup Bawa Kertas Filter V60

Biar keribetannya sedikit menurun. Mending biji kopi sudah di grinder di rumah/kedai. Kamu cukup bawa kertas filter V60 untuk memuaskan hasrat ngopi berkualitas. Modanya cuma bawa dripper sih. Toh, dripper nggak berat-berat amat kecuali yang kamu bawa bahannya besi. Kalau masih ribet ya sudah, metode tubruk sajalah.

Dah, Bawa Dripp Bag Coffee Saja

Ini yang paling enggak ribet. Paling tidak otak kita nggak terkuras karena mikirin bagaimana caranya bikin biji jadi kopi. Dripp Bag cukup disobek, sama seperti kopi sasetan. Bedanya di cara penyeduhannya hampir mirip manual brewing pakai paper filter V60.

Satu kendalanya adalah, harga dripp bag coffee ini “lumayan” tinggi. Bahkan satu dripp bag coffee kadang malah lebih mahal dari secangkir kopi manual brew. Kendala lain mungkin tidak banyak kedai yang mengeluarkan produk dripp bag coffee. Di Jogja sendiri bisa dihitung jari. Tapi, untung saja ada satu kedai kopi yang dripp bag coffeenya lumayan terjangkau. Apalagi kalau beli banyak. Packingnya juga lumayan bagus untuk gift pada seseorang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *