Perbedaan antara Kopi Arabica dan Kopi Robusta

Kopi Robusta lebih murah dari pada kopi Arabica dan yang beredar hanya 20% dari keseluruhan kopi di dunia ini. Kopi robusta kurang enak dan lebih banyak caffein dari pada Arabica.

Pengolahan Robusta lebih mudah dibanding Arabica. TUmbuh di daerah rendah dan dapat ditemukan di Brasil, Afrika Barat dan Indonesia

Arabica menguasai prosentase populasi kopi di dunia. Para pencinta kopi biasanya memilih jenis kopi ini. Menanam Biji Tumbuhan Arabica lebih sulit dari pada Arabica, karena ia tumbuh di daerah yang tinggi dengan cuaca tertentu.

Salah satu yang unik dari penanaman kopi Robusta dapat ditemukan di Sumatera utara Petani menggunakan binatang yang dinamakan Luwak untuk pemanenan kopi robusta. Binatang ini hanya memakan kopi yang benar-benar matang. Sesudah itu melalui proses pengolahan sistem pencernaan, biji dikoleksi oleh petani. Tentu saja biji sudah bersih sebelum sebelum dibakar. Tipe dari kopi ini biasa disebut kopi luwak.

Kopi tribulus adalah campuran dari kopi robusta yang berasal dari negeri sendiri. Dicampur dengan tribulus territeris sangat baik untuk kesehatan organ laki-laki maupun wanita.

One Response so far.

  1. Pardicukup says:

    terima kasih informasinya.
    mengenal kopi untuk kebutuhan ngopi setiap hari…

Leave a Reply