Apa itu testosteron?

Testosteron adalah hormon steroid yang dibuat di testis pada laki-laki dan ovarium pada wanita (jumlah minimal juga dibuat dalam kelenjar adrenal). Testosteron memiliki dua fungsi utama dalam tubuh manusia.

Testosteron diperlukan untuk membentuk dan mempertahankan organ seks laki-laki dan mempromosikan karakteristik seks sekunder laki-laki (baik pada pria maupun wanita) seperti suara memperdalam dan pola pertumbuhan rambut. Fungsi ini terkait dengan sifat androgenik nya.

Testosteron adalah fasilitasi pertumbuhan otot serta pengembangan dan pemeliharaan tulang. Ini adalah hasil dari sifat anabolik nya.

Produksi testosteron diatur oleh hormon dilepaskan dari otak. Kelenjar hipotalamus dan pituitari yang terletak di otak menghasilkan sinyal-sinyal hormon yang pada akhirnya mengakibatkan produksi testosteron. Hipotalamus terletak tepat di atas batang otak, dan di antara banyak fungsi, menghasilkan hormon gonadotropin melepaskan (GRH). GRH kemudian perjalanan jarak pendek ke kelenjar hipofisis, yang terletak di dasar otak, dan merangsang kelenjar ini untuk pelepasan FSH (folikel stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone). Hormon-hormon ini perjalanan melalui aliran darah untuk mengaktifkan organ seks baik pada pria maupun wanita. Selanjutnya, hormon-hormon ini memiliki peran dalam mengatur kadar testosteron dalam aliran darah.

Mayoritas testosteron beredar dalam darah terikat dengan protein pembawa (banyak hormon yang diproduksi di satu area dan mempengaruhi daerah lain memiliki protein pembawa yang membantu perjalanan mereka melalui aliran darah). Dalam hal ini protein pembawa yang disebut “hormon seks globulin mengikat,” atau SHBG. Ketika testosteron sedang dibawa oleh SHBG, itu dianggap “terikat”. Testosteron terikat tidak memainkan peran aktif dalam tubuh, hanya terikat atau “bebas” testosteron mampu masuk ke dalam sel yang berbeda dari tubuh dan mengerahkan efek androgenik dan anabolik. Jadi, apa yang mempengaruhi fungsi atau jumlah SHBG juga dapat mempengaruhi jumlah total testosteron beredar aktif.

Leave a Reply